Bahaya Minuman Keras (Miras)


Bahaya Minuman Keras (Miras)

KesehatanSeringkali kita menganggap jika sekedar menenggak minuman keras tidak apa-apa, alias tidak terlalu berbahaya. Mungkin timbul dibenak kita kenapa agama melarang dan mengharamkan minum keras, pasti sangat jelas  dampak buruknya terhadap kehidupan.  Setiap larangan pasti ada dampak baruk bagi pelanggar larangan, begitu juga dengan minuman keras. Dalam buku Mukjizat Ilmiah al-Qur’an, karangan Muhammad Kamil Abdushshamad, diungkapkan bahwa ilmu kedokteran modern telah menetapkan bahwa ketagihan (kecanduan) terhadap minuman keras bisa menyebabkan sel-sel jantung yang hidup akan mati menjadi berbagai serabut mati  yang tidak berguna bagi tubuh. Dari situ maka jelaslah bagi kita hikmah syariat Islam dalam melarang minum minuman keras dari sudut kesehatan. Bahkan dalam laporan resmi yang telah dikeluarkan di Paris disebutkan bahwa terdapat 65 ribu orang Perancis yang mati setiap tahunnya akibat kecanduan alkohol. Apakah dengan fakta ini kita akan cuek  atau acuh dan tetap akan mencoba minuman keras, hanya sekedar untuk dibilang gaul, keren dan hebat, apalagi menganggapnya sebagai sebuah gaya hidup. Lebih sekedar merusak jantung, miras juga sangat berbahaya bagi pankreas. Sel-sel pankreas akan kehilangan kemampuannya untuk mensuplai berbagai hormon dan enzim. Akibatnya akan terjadi timbulnya penyakit kencing manis dan kerusakan secara drastis karena tidak adanya kemampuan usus untuk menghisap berbagai minyak. Sementara ini penyakit penyerabutan jantung dan pankreas seperti yang disebutkan di atas, termasuk penyakit yang sangat-sangat sulit untuk disembuhkan. 

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". (al-Baqarah: 219)

Pengaruh Minuman Keras (Miras) Terhadap Reproduksi
Namun yang juga konyol, seringkali kita mendengar omongan yang salah kaprah dan sesuai dengan mitos yang selama ini beredar dari mulut kemulut bahwa; alkohol atau minuman keras dapat meningkatkan daya, semangat dan vitalitas dalam berhubungan seks. Namun dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan para ahlinya, yang terjadi justru sebaliknya. Dimana seseorang yang menegak minuman keras justru akan loyo dengan ejakulasi penuh. Hal itu disebabkan kerja keras yang terjadi pada syaraf-syaraf bawah dalam tubuh, akibat minuman keras tersebut. Ilmu Fisiologi telah menetapkan bahwa minuman keras akan menimbulkan dampak penyusutan (pengecilan) pada buah pelir, sehingga bentuknya akan mengecil menjadi bentuk pelor. Juga bisa menimbulkan peregangan tempat buah pelir, bagian alat reproduksi. Seterusnya ketagihan miras juga akan membuat hormon testie menjadi jarang. Dengan jarangnya hormon tersebut maka secara otomatis air mani kan terpengaruh oleh reaksi alkohol yang akibatnya mani tersebut menjadi rusak. Seperti semua  kita ketahui, air mani adalah merupakan bibit bagi perkembangan dan keterunan manusia, ibarat tanaman jika bibitnya sudah rusak atau jelak, maka tanaman yang tumbuh juga berjenis rusak dan jelak. Begitu juga jika mani sudah dalam keadaan dan kondisi yang rusak oleh pengaruh alkohol tadi, maka akan menyebabkan lahirnya anak atau keturunan yang kurang baik nantinya. Karena itu dr. Hamid al-Ghawwaby, dokter yang banyak membahas kesehatan dan Islam itu berkata pada sebuah majalah kesehatan: “Anak-anak para pemabuk akan tumbuh dewasa dalam keadaan cacat anggota tubuhnya, tidak sempurna akalnya, memiliki kecenderungan untuk melakukan kriminalitas, membela kejahatan dan kesalahan.”

Negara Bule Gencar Menghentikan Minuman Keras (Miras)
Di negara-negara yang selama  ini kita kenal penduduknya sangat bebas dan merupakan penikmat minuman keras, ternyata juga gencar untuk menghentikan kebiasaan menenggak minuman beralkohol tersebut. Misalnya di Inggris, sekelompok dokter ahli telah membebankan dewan penelitian medis  Inggris untuk melakukan penelitian terhadap pengaruh miras terhadap pengemudi kendaraan. Dari penelitian itu diketahui penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah karena menenggak minuman keras. Maka untuk menghindari dan mengurangi kecelakaan yang telah menewaskan ribuan orang dijalan raya akibat  kecelakaan dan menenggak minuman keras itu, maka lembaga resmi di berbagai negara-negara barat benar-benar mulai gencar melarang penggunaan minuman keras dan menggantinya dengan minuman lainnya seperti kopi dan jus buah. Klau keadaan di negara barat sendiri begitu gencar menghentikan kecanduan minuman keras, masa kita justru gencar untuk mencoba menenggak minuman keras yang nota bene hanya sekedar meniru dan mencontoh gaya dan pola hidup orang barat?. Apalagi setelah terbukti, secara ilmiah minuman ini sangat berbahaya dari segi kesehatan maupun sosial yang ditimbulkannya, sebab minuman keras juga merugikan berbagai aktifitas hidup harian.

Dampak Minuman Keras (Miras) Terhadap Tubuh
  1. Minuman Keras berdampak terhadap memanjangnya tempat darah, merasakan pendidihan pada muka dan bertambahnya suplai minyak dari kelenjar-kelenjar berminyak dalam tubuh yang akibatnya kulit jadi berminyak.
  2. Miras akan lebih cepat terbakar dalam tubuh dibanding minyak dan gula. Karenanya, meminumnya dengan minyak dan gula akan digunakan tubuh untuk pembakaran dan pelepasan tenaga. Juga akan menyimpan minyak dalam jumlah besar yang terkadang bisa berakibat bertambahnya suplai minyak pada tubuh.
  3. Miras menyebabkan penyakit sensitif (alergi) kulit.
  4. Keseringan meminum minuman keras akan mengakibatkan kekurangan zat seng (zinc) yang besar dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyakit kulit, yang juga berakibat pada peradangan lambung atau gagal dalam berbagai tugas jantung.
  5. Keseringan meminum minuman keras akan mengakibatkan penyakit kulit porfiria yang membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Hal itu akibat merembesnya zat protein ke dalam kulit.
  6. Miras juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh, dan bisa mengantarkan kepada berbagai penyakit kekurangan vitamin, seperti sakit beri-beri akibat kurang vitamin A dan sebagainya.


Sumber: Majalah Mira
Share on Google Plus

About Unknown

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

10 comments:

  1. Ajaran islam itu sdh perfect. Jika diikuti akan bahagia. No miras!

    ReplyDelete
  2. Baca tulisan ini jadi ingat lagu Roma irama, hahaha

    ReplyDelete
  3. sangat sangat tidak dianjurkan buat yg rajin otw dan turing tentunya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya.. jgn sampai tergoda bang.. bahaya..

      Delete
  4. jangan sampe deh deket ap lagi kenal sama yang namanya ni benda

    ReplyDelete
  5. Selain dilarang agama efeknya jg bahaya bagi kesehatan
    Semoga kita terhindar dr minuman keras

    ReplyDelete