HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)

HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan 
(Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Oleh
Satrio Utama Nopenri

HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Instagram's Pic
EDUKASI – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kilas sejarah Hardiknas tidak luput dari seorang Tokoh Pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara atau lebih dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Ki Hajar Dewantara merupakan pahlawan Nasional yang sangat dihormati, lahir dari keluarga kaya Indonesia pada masa Kolonialisme Belanda, ia dikenal sebagai tokoh pemberani yang menentang kebijakan pendidikan pemerintah Belanda, pada masa itu Belanda hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam pendidikan.

Akibat dari tindakan penentangan yang Ia lalukan, akhirnya ia diasingkan ke Belanda, selanjutnya mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah pulangnya ke indonesia. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia Pendidikan Indonesia, maka pemerintah indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Hardiknas merupakan momentum untuk mengingat  perjuangan yang telah dilakukan Oleh Bapak Pendidikan Kita, tanpa perjuangan beliau mungkin Pendidikan Indonesia akan tetap sama seperti Pendidikan pada masa Kolonialisme, tidak akan ada orang yang miskin bisa mengenyam pendidikan. Berkat beliau tidak ada kasta dalam pendidikan, siapapun berhak mengenyam pendidikan baik kaya ataupun miskin. Selain itu Hardiknas juga bisa dijadikan sebagai momentum mengevaluasi serta meningkatkan mutu Pendidikan Indonesia.

HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Instagram's Pic
Peringatan Hardiknas Selasa, 2 Mei 2017 cukup menarik karena bertepatan dengan pengumuman kelulusan Siswa MA/SMA/SMK. Tetapi Juga miris dan memprihatinkan, seperti biasa kelulusan siswa diwarnai dengan aksi corat-coret seragam, konvoi-konvoi, dan sebagainya. Aksi tersebut dilakukan sebagai Ekspresi kegembiraan dan rasa syukur atas kelulusan yang diraih. Pemandangan yang tak asing lagi karena sudah merupakan acara tahunan, entah sejak kapan tradisi tersebut itu ada.

HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Youtube


HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Instagram's Pic
Kenapa Miris dan Memprihatinkan? Karena Euforia tersebut diwarnai dengan aksi Tawuran antar pelajar yang tengah merayakan kelulusan sebagaimana telah diberita diberbagai Media (Pelajar Klaten), Aksi Kebut-kebutan, Pesta Miras, Narkoba serta Pergaulan Bebas (Sex Bebas). Para Pelajar telah salah kaprah dalam memaknai arti kelulusan. Perayaan seperti ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini merupakan PR dan Juga RAPORT MERAH DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA. Tujuan Pendidikan Nasional tidak lain adalah Menjadikan Manusia Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang  Maha Esa, berakhlak Mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreati, Mandiri dan Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab (UU No. 20 Tahun 2003).
HARDIKNAS 2017, Mirisnya Euforia Kelulusan (Raport Merah Pendidikan Indonesia)
Instagram's Pic

Apa yang terjadi pada saat Euforia Kelulusan bertepatan dengan Peringatan Hardiknas sungguh sangat miris dan memprihatinkan, serta menjadi Aib bagi Dunia Pendidikan Indonesia. Tujuan Pendidikan Kita tentu belumlah tercapai, serta sangat jauh dari kata BAIK, untuk itu kedepan kita harus sama-sama berjuang baik Pemerintah, Pendidik, Orang Tua serta Masyarakat pada Umum untuk membenahi Pendidikan kita yang terbilang BURUK saat ini.

Untuk Euforia Kelulusan masa yang mendatang, kita bisa mengantisipasi dengan mengadakan Acara Istighosah, Khotamul Qur’an, Yasinan, Berbagi Seragam, Aksi sosial, dan sebagainya. Semoga di masa mendatang akan lahir Generasi-genarasi yang diharapkan Pendidikan Nasional kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.


Dunia Pendidikan, Edukasi, Euforia Kelulusan, Foto Kelulusan UN, Galeri, Galeri Foto, Hardiknas, Pendidikan Indonesia
Terima Kasih Sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalin Jejak ya Sobat ^_^ | Semoga Bermanfaat
Share on Google Plus

About Mata Air Ilmu

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

5 comments:

  1. nauzubillah, semoga anak2 saya dan generasi selanjutnya adalah generasi yang shalih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah Semoga kita dikaruniani generasi yang Sholih dan Sholihah.. ^_^

      Delete
  2. Perlu perbaikan secara menyeluruh untuk memperbaiki generasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tu sobat, kita harus sama-sama bahu membahu membangun generasi bangsa ini.. :D

      Delete
  3. Ini memang problem kita bersama, kita harus saling bahu membahu untuk membenahi pendidikan bangsa ini. Semoga kedepan kita bisa lebih baik lagi dan dapat melahirkan generasi yang bermoral, berakhlak mulia dan berwawasan luas

    ReplyDelete