Kemukjizatan Al-Qur'an : Fisika


Kemukjizatan Al-Qur'an : Fisika
Oleh
Rio Anderta


Kemukjizatan Al-Qur'an : Fisika


Mata Air Ilmu

Artikel Sebelum; Kemukjizatan Al-Qur'an | Astronomi



Fisika 

Rahasia Besi


Sesungguhnya kami Telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan bermanfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa[1].

Kata Arab "Anzalnaa" mempunyai arti kami turunkan, ayat ini menjelaskan bahwa Allah telah turunkan besi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan memang demikian faktanya. Prof. Armstrong dari NASA atau Mohammed Asadi menyatakan bahwa, "besi memang diturunkan dari langit"[2]. Besi termasuk logam berat yang tidak dapat dihasilkan oleh bumi sendiri, melainkan berasal dari bintang-bintang raksasa yang meledak di angkasa luar. Akibat dari ledakan ini meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta, salah satunya yaitu planet bumi[3].

"kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan bermanfaat bagi manusia", inilah adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan. Sungguh sangat menakjubkan bahwa Al-Qur'an, yang nyata-nyata diturunkan ke dunia sekitar 14 adab yang lau, telah memuat berbagai keajaiban ilmu pengetahuan yang baru bisa diungkapkan di masa modern ini.

Relativitas waktu

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu[4].

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, Kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu[5].

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun[6].

Mereka menjawab: "Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, Maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.Allah berfirman: "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu Sesungguhnya mengetahui[7].

Relativitas waktu sudah diberitakan 1.400 tahun lalu. Al-Qur'an telah memberikan informasi tentang konsep relativitas waktu, bahwa waktu berbeda-beda sesuai dengan lingkungan[8]. Relativitas waktu adalah fakta yang terbukti secara ilmiah. Albert Einstein adalah ilmuwan pertama yang menjelaskan secara jelas mengenai relativitas waktu dengan terorinya yaitu Theory of Relativity, Einstein menjelaskan, bahwa waktu bergantung pada mass (massa) dan velocity (kecepatan)[9].

Menurut Einstein[10], waktu akan berlalu lebih lambat pada orang yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya. Di dalam media tempat makhluk bumi melewatinya selama seratus hari, mungkin akan ia lewati selama lima puluh hari dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya. Penemuan menjadi fakta yang menarik, waktu adalah konsep yang relatif, seperti yang telah tercantum dalam Al-Qur'an[11].

Pada tahun 1972 para ilmuwan[12],meletakkan empat jam atomik pada sebuah pesawat yang terbang mengelilingi bumi. Di luar dugaan, dalam percobaan ini para ilmuwan menemukan gerak jarum jam di pesawat tersebut sedikit lebih lamban dibanding gerak jarum jam di bumi. Percobaan tersebut telah membuktikan bahwa waktu dapat melunak. Lebih dari itu, jam atomik juga menunjukkan bahwa waktu akan semakin melunak dengan bertambahnya kecepatan.

Beberapa percobaan jam atomik telah membuktikan kebenaran toeri relativitas Einstien, bahwa waktu adalah relatif dan sangat bergantung di mana ia berada[13]. Al-Qur'an telah menjelaskan relativitas waktu secara jelas, sebelum ilmuwan terkemuka Albert Einstein membutikan adanya relativitas waktu. Fakta relativitas waktu merupakan bukti lain bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci (Kalamullah).

Diciptakan Berpasang-Pasangan

Maha Suci Tuhan yang Telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui[14].

Kata "Azwaj" dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari "Zawj" yang berarti ”sepasang" atau "pasangan"[15]. Pada tahun 1928 Paul Dirac[16], seorang ilmuwan Inggris, menggabungkan teori mekanika kuantum dan teori khusus relativitas (teori kuantum relativistik). Teori kuantum relativistik Dirac memprediksi bahwa elektron memiliki antipartikel. Proton memiliki antiproton, elektron dengan positron, dan neutron memiliki antineutron. Penemuan materi secara berpasangan-pasangan ini adalah salah satu penemuan sangat penting dalam ilmu fisika. Pada tahun 1933 Paul Dirac[17], mendapat hadiah nobel atas penemuannya itu, penemuannya tentang Parity telah membuka jalan untuk penemuan fakta bahwa setiap materi memiliki antimateri.

Hal yang sangat menakjubkan adalah bahwa sebelum Paul Dirac mengemukkan teori kuantum relativistik, tak seorang pun yang pernah membuktikan bahwa segala sesuatu memiliki pasangan (dua jenis)[18]. Tetapi Al-Qur'an, 1400 tahun yang lalu telah memberitakan fakta ini, " Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah[19]."


To Be Continued, Keajaiban Al-Qur’an | Geografi

Footnote:


[1]. Al-Hadid ayat 25

[2].Lihat, Agus Mulyono dan Ahmad Abtokhi, op. cit., h. 106.

[3].Harun Yahya, Rahasia Besi, (http://www.keajaibanalquran.com/physics_iron.html), diakses 19 september 2011

[4]. Al-Hajj ayat 47

[5]. As-Sajadah ayat 5

[6].Al-Ma'aarij ayat 4

[7].Al-Mu'minuun ayat 113-114

[8]. Lihat, Agus Mulyono dan Ahmad Abtokhi, op. cit., h. 131.

[9].Ibid

[10].lihat, Caner Taslaman, op. cit., h. 81.

[11].Ibid

[12].Lihat, Agus Mulyono dan Ahmad Abtokhi, op. cit., h. 135.

[13].Ibid., h. 136-137.

[14].Yasin ayat 36

[15]. Caner Taslaman, op. cit., h. 76.

[16] . MD. Anisur Rahman, op. cit., h. 90.

[17]. Caner Taslaman, op. cit., h. 77.

[18]. MD. Anisur Rahman, op. cit., h. 91.

[19].Adz-Dzaariyaat ayat 49


DAFTAR PUSTAKA

Abdusyaskir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur'an. Cetakan I. Malang: UIN Malang Press.

Al-Jamal, Abdul Basith dan Daliya Shiddiq Al-Jamal. 2003. Ensiklopedi Ilmiah dalam Al-Qur'an dan Sunnah. cetakan I.Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar

Al Qattan, Manna Khalil. 2009. Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an. Cetakan XIII. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Ash-Shaabuuniy, Muhammad Ali. 1999. Studi Ilmu Al-Qur'an. Cetakan I. Bandung: Pustaka Setia.

As Sirjani, Raghib. 2010. Pengakuan Tokoh Nonmuslim Dunia Tentang Islam. Cetakan I. Bandung: Syagma Publishing.

Al-Zindani, Abdul Majid bin Aziz, dkk. 2002. Mukjizat Al-Qur'an dan As-Sunnah Tentang IPTEK. Cetakan III. Jakarta: Gema Insan Press

Mulyono, Agus dan Ahmad Abtokhi. 2006. Fisika dan Qur’an. cetakan I. Malang: UIN malang Press

Purnama, Heri. 2001. Ilmu Alamiah Dasar. Cetakan II. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rahman, MD. Anisur. 2009. Einstein aja Baca Qur’an 43 Keajaiban Ilmu Pengetahuan yang Terkandung dalam Al-Qur’an. cetekan XII. Yogyakarta: Balqist

Syafi'ie, Imam. 2000.Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur'an: Telaah dan Pendekatan Filsafat.Cetakan I.Yogyakarta: UII Pers

Syahin, Abdul Shabar. 2006. Saat Al-Qur'an Butuh Pembelaan. Jakarta: Erlangga

Taslaman, Caner. 2010. Miracle Of The Quran Keajaiban Al-Qur’an Mengungkapkan Penemuan-Penemuan Ilmiah Modern cetakan.I. Bandung: Mizan

Rahman, Afzalur.2000.Al-Qur'an Sumber Ilmu Pengetahuan. Cetakan III. Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Internet

Sejathi. 2011. Fungsi Ilmu Pengetahuan, http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2114500-fungsi-ilmu-pengetahuan/. Diakses 19 september 2011

Triantoko ,Koko dan Nur Jamilatul Khafidzoh.2008. Karya Tulis Al-Qur'an: Perilaku Kekerasan dan Upaya Legitimasi Melalui Ayat-ayat Suci Al-Qur'an. http://3an2ro.files.wordpress.com/2008/06/karya-tulis-pdf9.pdf. diakses 19 september 2011

Yahya, Harun.Rahasia Besi. http://www.keajaibanalquran.com/physics_iron.html. Diakses 19 september 2011
Share on Google Plus

About Unknown

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

0 comments:

Post a Comment