Cara Ampuh Menghilangkan Stres dalam Hitungan Menit



Kesehatan - Sering merasa stres karena pekerjaan atau hal lainnya, namun tak punya waktu untuk mengatasinya? Jangan khawatir. Beberapa cara ini ampuh bantu Anda mengatasi stres dalam hitungan menit? Berikut Tips dan triknya;

1. Tersenyum
Tersenyum dan memasang wajah bahagia bisa membuat Anda merasa lebih baik. Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang yang tak bisa mengekspresikan kemarahan mereka cenderung lebih cepat merasa tenang. Jadi, 'memaksa' diri tersenyum tak ada salahnya, sampai Anda merasa benar-benar baikan.

2. Menghangatkan tangan
Ketika merasa takut dan cemas, sistem saraf akan mempengaruhi aliran darah dan membuat tangan terasa dingin. Cara mengatasinya? Hangatkan saja tangan Anda. Tangan yang hangat memberikan sinyal positif pada sistem saraf dan membantu Anda lebih tenang.

3. Bersedekah
Penelitian di University of Columbia menunjukkan bahwa mendonasikan atau menyumbangkan uang membuat seseorang merasa lebih senang dibanding dengan menggunakan uang tersebut untuk membeli barang. Memberi sesuatu pada orang lain juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang.

4. Gandum utuh
Ketika merasa bad mood dan marah Anda bisa mengonsumsi cemilan berbahan gandum atau karbohidrat. Karbohidrat mampu meningkatkan gula darah dan memicu serotonin. Hormon ini kemudian akan menenangkan dan memberikan rasa positif pada seseorang. Selain gandum utuh, Anda juga bisa mengonsumsi cokelat untuk meredakan stres.

5. Berkebun
Penelitian tahun 2011 di Belanda menunjukkan bahwa berkebun selama 30 menit bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Siapa sangka hobi berkebun bisa menyehatkan bagi mental.

6. Peluk diri sendiri
Ketika Anda merasa pesimis pada diri Anda, otak akan mengeluarkan sinyal negatif dan membuat kecemasan Anda lebih besar. Cara mengatasinya, cobalah memeluk diri Anda sendiri dan peluklah dengan erat. Bahkan sentuhan Anda sendiri bisa membuat Anda merasa tenang dan lebih bahagia.

7. Bernapas
Mengambil napas dalam memang penting dan ampuh untuk meredakan stres. Namun ternyata mengeluarkan napas lebih penting. Peneliti mengatakan bahwa ketika mengeluarkan napas, Anda mempengaruhi sistem parasimpatik dan menurunkan detak jantung.

8. Olahraga
Hanya berolahraga selama dua menit mampu membuat mood Anda berubah. JIka tak suka olahraga, Anda bisa lakukan apapun yang bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Misalkan menari atau bermain.

9. Olahraga lidah
Menggerakkan rahang dan membuat lidah santai akan mengirimkan sinyal pada sistem limbik untuk menurunkan hormon stres adrenalin dan kortisol. Caranya mudah, cukup keluarkan lidah dan buat rahang Anda rileks. Latihan ini akan membuat tubuh merasa lebih tenang.

10. Manjakan tubuh
Ketika merasa stres atau cemas, Anda bisa menurunkannya dengan memanjakan tubuh. Misalkan mandi, mendengarkan musik, pijat, atau hal lain yang membuat tubuh Anda nyaman.

11. Mengunyah permen karet
Penelitian di Australia dan Inggris menemukan bahwa ketika mengalami stres, mengunyah permen karet mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga 18 persen.

12. Minum teh hitam
Orang yang minum teh hitam empat cangkir sehari selama enam minggu diketahui mampu mengatasi stres lebih cepat dan memiliki level hormon cortisol yang lebih rendah ketika mengalami stres, berdasarkan penelitian dari University College London. Senyawa kimia serta antioksidan yang ada dalam teh hitam mampu memuat seseorang merasa santai dan menenangkan saraf otak.

13. Pijat
International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri dua kali seminggu selama 15 menit saja mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Bahkan, cara mudah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan juga mampu memberikan efek yang sama dengan pijat.

14. Menulis
Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama dua hari mampu menurunkan kadar stres. Menuliskan perasaan pada kertas juga membantu kita melewati perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri.

15. Mendengarkan musik
Musik mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan tingkat hormon stres. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu produksi hormon kebahagiaan, yaitu endorfin.

16. Hindari teknologi
Penelitian di University of California, Irvine, dan peneliti US army menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Jadi ketika anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan teknologi, misalkan mengecek email, jejaring sosial, atau lainnya.

17. Membersihkan rumah
Kebiasaan membersihkan rumah mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran. Orang seringkali mudah tenang dan teralihkan ketika melakukan kebiasaan yang diulang-ulang seperti menyapu, mengepel, dan lainnya. Kegiatan semacam ini juga ampuh untuk membuat tubuh tenang.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba!


Sumber: heriazwir.wordpress.com
Share on Google Plus

About Unknown

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

0 comments:

Post a Comment