Kesehatan - Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai

Kesehatan - Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai

Kesehatan - Tidak semua orang semua anak bisa mengkonsumsi susu sapi. Misalnya saja seorang anak yang alergi dengan susu sapi. Nah, apabila Anda atau si buah hati mengalami kondisi seperti itu, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi susu kedelai sebagai salah satu alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kedelai juga tidak kalah dengan nutrisi pada susu sapi, misalnya seperti 3,5% protein, 2,9% karbohidrat serta 2% lemak, sehingga membuatnya mudah dicerna oleh lambung. Berikut 11 khasiat dan manfaat susu kedelai yang sangat baik dan menyehatkan, terutama jika dikonsumsi anak-anak.

1. Antioksidan alami
Susu kedelai mempunyai kandungan senyawa isoflavon yang terbukti mampu memperbaiki sekaligus mencegah berbagai kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan r4dikal bebas. Dengan kata lain, susu kedelai mampu berfungsi sebagai anti oksidan alami.

2. Memaksimalkan Pertumbuhan
Susu kedelai memiliki kandungan asam amino yang bermanfaat untuk memproduksi protein, jaringan, tulang,otot dan kulit. Nutrisi yang terkandung di dalam asam amino juga dapat membuat tinggi badan anak jadi lebih maksimal.


3. Mengurangi Kadar Lemak Tak Baik
Salah satu perbedaan antara kandungan susu sapi dengan susu kedelai adalah bahwa susu sapi cukup tinggi akan kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol, susu kedelai justru sebaliknya, dia mengandung lemak tak jenuh. Apabila anak Anda rajin mengkonsumsi susu kedelai dengan teratur, maka dapat mengurangi kadar LDL (lemak tak baik) dan akan mampu menaikan HDL (lemak yang baik) dalam darah dengan signifikan.


4. Pengganti Serat
Susu kedelai sangat kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Oleh karena itu, susu kedelai dapat dijadikan sumber serat yang sangat baik untuk anak Anda yang sulit makan buah ataupun sayuran.


5. Mengurangi Diare
Susu kedelai sangat bermanfaat untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi anak yang sering mengalami diare.


6. Kaya protein
Meskipun kandungan protein yang terdapat dalam susu kacang kedelai tidak sebanyak yang pernah ditemukan di dalam susu sapi, tapi apabila dikonsumsi setiap hari, maka susu kedelai juga memiliki khasiat untuk menurunkan risiko osteoporosis.


7. Kesehatan jantung
Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada susu kedelai ternyata relatif rendah. Sehingga meminum susu kedelai ini sangat dianjurkan untuk orang-orang yang pernah terkena atau menderita penyakit jantung.


8. Tanpa laktosa
Seperti yang sudah pernah disebutkan di atas, penderita intoleransi laktosa tentu saja dapat mengkonsumsi susu kedelai, karena dia tidak bisa menikmati susu sapi disebabkan alerginya.


9. Aman untuk bayi
Susu kedelai juga diyakini cocok dikonsumsi dan cukup aman bagi bayi. Terutama apabila bayi Anda menderita galactosemia, sebuah gangguan langka yang diturunkan dimana anak-anak tidak dapat memecah dan juga menggunakan gula galactose.


10. Meredakan gejala menopause
Susu kedelai memiliki isoflavon yang sifatnya berfungsi seperti h0rmon estrogen. Sehingga seorang wanita menopause yang mengkonsumsi susu kedelai akan mampu menurunkan berbagai gejala menopause dan juga risiko penyakit kanker.


11. Menurunkan berat badan
Ingin tetap minum susu tapi tidak ingin berat badan Anda membengkak? Coba saja konsumsi susu kedelai. Selain rendah akan kalori, susu kedelai cukup kaya serat yang mampu membuat perut Anda kenyang lebih lama.


Itulah 11 khasiat dan manfaat susu kedelai yang menyehatkan tubuh. Nah, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi susu kedelai dengan rutin dan Anda akan mendapatkan seluruh manfaat kesehatan seperti yang disebutkan di atas.

Sumber: tipssehatalami.com
Share on Google Plus

About Unknown

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

0 comments:

Post a Comment