Riya’ Kunci Neraka

Riya’ Kunci Neraka
by
Rio Anderta



Riya’ Kunci Neraka

Riya’ adalah suatu penyakit, yang biasa menjangkit sebagian besar manusia, baik dalam beramal dan dalam perkataan, maka orang yang berbuat riya’ lahiriyahnya berlawanan dengan yang ada di dalam hatinya. Hatinya rusak dan niatnya menjadi jelek, Karena melakukan amal baik tanpa didasari dengan hati yang ikhlas[[1]]. Ikhlas secara bahasa berasal dari kata khalasha  yang berarti bersih atau murni[[2]]. Secara istilah ikhlas adalah  melakukan suatu amal perbuatan dengan niat yang murni hanya Allahlah tujuannya beramal. Lebih jelas tentang keadaan orang yang riya’, telah digambarkan dalam al-Qur’an dan hadits rasulullah;
Allah ta’ala berfirman: 
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ -٥-
“ Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.”(al-Bayyinah: 5)
فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ -٤- الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ -٥- الَّذِينَ هُمْ يُرَاؤُونَ -٦- وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ -٧-

Allah ta’ala berfirman: “4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,6. orang-orang yang berbuat riya,7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”(al-Ma’un: 4-7)
 قُلْ إِن تُخْفُواْ مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللّهُ وَيَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَاللّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -٢٩-

Allah ta’ala berfirman:   Katakanlah: "Jika kamu Menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah Mengetahui". Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”(al-Imran: 29)
Rasulullah SAW: “ Dari Mahmud bin Lubaid bahwa rasulullah SAW bersabda “ sesuatu yang paling aku khawatirkan di antara kamu adalah syirik kecil, yaitu riya’ (HR ahmad sanad hasan)
Rasulullah saw bersabda: “ Abu Hurairah r.a. berkata bahwa rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya manusia yang pertama kali diadili di hari kiamat adalah seseorang yang mati syahid di jalan Allah, maka ia didatangkan dan diperlihatkan nikmat-nikamat (sebagai Pahalanya), kemudian ia melihatnya seraya dikatakan, “ amalan apakah yang engkau lakukan sehingga memperoleh nikmat-nikmat itu? Ia menjawab, “ aku berperang kerena-Mu (ya Allah), sehingga aku mati syahid.” Allah menjawab, “ dusta engkau, sesungguhnya kamu berbuat (yang demikian itu) supaya kamu dikatakan sebagai pahlawan. Dan kemudian (malaikat) diperintahkan kepadanya lalu menyeret mukanya dan melemparkannya kedalam neraka; seseorang yang diberi oleh Allah SWT bermacam-macam harta benda, kemudian ia didatangakan dan diperlihatkan nikmat itu (sebagai Pahalannya) lalu ia melihatnya seraya dikatakan (kepadanya), “Amalan apakah yang engkau lakukan sehingga memperoleh nikmat itu?” ia menjawab, “ aku tidak pernah meninggalkan infak dari jalan yang Engkau ridhoi (ya Allah), melainkan aku berinfak hanya kerena-Mu.” Lalu Allah SWT menjawab. “ dusta engkau, sesungguhnya kamu berbuat (yang demikian itu supaya kamu dikatakan sebagai dermawan, kemudian (malaikat) diperintahkan untuk menyeret mukanya dan melemparkannya kedalam neraka; dan seorang lagi menuntut ilmu dan mengajarkan ata membaca al-Qur’an, maka ia didatangkan dan diperlihatkan nikmat-nikmat itu (sebagai pahalanya) lalu ia melihatnya seraya dikatakan (kepadanya), “ Amal apakah yang engkau lakukan sehingga memperoleh nikmat itu?Ia menjawab, “ Aku menuntut ilmu dan mengajarkannya, dan membaca al-qur’an (hanya) untuk-Mu (ya Allah), kemudian Allah SWT menjawab, “ dusta engkau sesungguhnya engkau menuntut ilmu supaya dikatakan engkau pintar dan engkau membaca (al-qur’an) itu hanya supaya engkau dikatakan sebagai Qari,” kemudian (malaikat) diperintahkan untuk menyeret mukanya dan melemparkannya kedalam neraka,” (HR Muslim)
Firman Allah SWT dan sabda rasulullah SAW telah mengambarkan dengan saat jelas bahwa orang yang mempunyai sifat riya’ ini sangatlah merugi dan celaka. Ia melakukan suatu amal kebajikan tetapi pada hakikatnya ia hanya melakukan amal yang sia-sia belaka tiada nilainya sedikit pun dihadapan Allah SWT. Karena amalan yang ia lakukan bertujuan untuk dillihat orang lain, baik untuk kemasyhuran (populeritas), mendapat pujian atau harapan-harapan lainnya yang dari selain Allah SWT.
Riya’ yang merupakan syirik kecil  adalah perbuatan yang biasa dilakukan oleh orang-orang munafik sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an an-Nisa: 142, artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” Sahabat Ali bin Abi Thalib r.a. memberikan keterangan tentang tanda-tanda orang yang riya’, sebagai berikut; “Ali bin Abi Thalib r.a. mengatakan bahwa tanda-tanda orang yang berbuat riya’ ada 3, yaitu malas beramal bila sendirian, giat beramal bila banyak orang, jika dipuji semakin giat beramal dan amalnya berkurang jika dicela[[3]].”
Orang yang beramal dengan riya’ seperti batu yang putih lalu hitam pekat karena banyaknya debu yang menempel padanya, tiba-tiba hujan deras membasahinya sehingga batu itu kembali putih dan tak sedikit pun debu yang tersisa padanya. Seperti itulah orang yang beramal dengan riya’ tidak sedikit pun pahala yang ia dapat dari amal yang ia lakukan. Jika kita ingin amal kita diterima dan tidak menjadi amal yang sia-sia maka kita harus melakukan langkah-langkah berikut ini ; Bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya, Ikhlas dalam berniat, dan sesuai dengan syariat islam (Al-Qur’an dan Sunnah)[[4]].
“ Meninggalkan amal kerena manusia adalah riya. Beramal karena manusia adalah syirik. Ikhlas beramal adalah yang selamat dari keduanya.” (Fudhail bin ‘Iyadh)
Semoga Allah selalu membimbing hati kita agar selalu beramal dengan ikhlas sehingga nanti di yaumil akhir kita tidak menjadi orang yang merugi dan celaka lantaran amalan yang kita kerjakan tidak sedikit pun bernilai pahala, kerena semua amalan kita telah terkontaminasi oleh penyakit berbahaya yaitu riya’. “Ya Allah luruskanlah niat kami tuntunlah hati kami agar selalu ikhlas beramal hanya untuk-Mu dan dalam rangka mencari ridho-Mu…. Aaamiiin ya Allah.”
Semoga bermanfaat. Allahu ‘alam
           

[1] Drs. Moh syamsi Hasan,dkk, Panduan Mc Dan Pidato Dalam Tiga Bahasa,(Surabaya: Amelia),2006, hlm. 193
[2] Novi Hardian dan tim ILNA YOSEN, Panduan Keislaman untuk Remaja Super Mentoring Senior,(Bandung: Syaamil Cipta Media, cet IV),2005, hlm. 164
[3] Rachmat Syafe’I, Al-Hadi,(Bandung: Pustaka setia), 2000, hlm. 67-65
[4] Novi Hardian dan tim ILNA YOSEN, Panduan Keislaman untuk Remaja Super Mentoring Senior,(Bandung: Syaamil Cipta Media, cet IV),2005,165
Share on Google Plus

About Unknown

Satrio Utama Nopenri (Rio Anderta)
Kontak:
FB: https://www.facebook.com/RioAnderta
Twitter: @Anderta
Instagram: rioanderta
Email: rioanderta90@gmail.com

0 comments:

Post a Comment